Monday 28 September 2015

Skala Kinsey

gambar dari https://schnippits.wordpress.com/tag/kinsey-scale/
"Skala Heteroseksual-Homoseksual Kinsey", atau biasa dikenal dengan "Skala Kinsey" dikembangkan oleh Alfred Kinsey dan para kolega-nya, seperti Wardell Pomeroy dan Clyde Martin pada tahun 1948. Penelitian mereka mengungkapkan bahwa seseorang tidak ringkas dan eksklusif sebagai kategori Heteroseksual maupun Homoseksual. Dalam me-wawancara-i orang - orang mengenai sejarah seksual mereka, tim Kinsey menemukan bahwa kebanyakan orang, prilaku seksual, pikiran dan perasaan terhadap jenis kelamin sama maupun berbeda tidak selalu konsisten sepanjang waktu. Walaupun mayoritas pria dan wanita dilaporkan secara eksklusif menjadi heteroseksual, dan satu persen dilaporkan secara eksklusif  berperilaku dan ketertarikan pada homoseksual, banyak yang merahasiakan perilaku tersebut atau berfikir adakala-nya diantara keduanya. Berdasarkan tulisan Kinsey pada "Sexual Behaviour in Human Male" (1948):

" laki - laki tidak me-representasi-kan dua populasi tersendiri, heteroseksual dan homoseksual. Dunia tidak dibagi antara domba dan kambing.... Dunia kehidupan merupakan rangkaian kesatuan dalam tiap-tiap/setiap orang dari aspek diri-nya."

Para penulis menambahkan dalam" Sexual Behaviour of human Female (1953):

" Hal tersebut merupakan karakteristik pikiran manusia yang mencoba men-dikotomi-kan dalam klasifikasi fenomena..... Prilaku seksual, baik normal maupun abnormal, secara sosial diterima maupun tidak diterima, Heteroseksual maupun homoseksual; dan banyak orang tidak percaya terdapat gradasi masalah ini dari ekstrim satu ke yang lain."

Kinsey juga melaporkan:

" Ketika menitikberatkan pada kelanjutan dari gradasi antara sejarah heteroseksual eksklusif dan homoseksual eksklusif, kelihatan mengembangkan beberapa jenis klasifikasi yang dapat didasari pada hubungan sejumlah pengalaman heteroseksual dan homoseksual atau respons pada tiap sejarah... Secara individu boleh ditandai sebuah posisi pada skala ini, untuk tiap periode dalam kehidupannya ..... Tujuh skala datang lebih dekat untuk menunjukkan banyak gradasi yang sebenarnya eksis." 

Tidak ada tes baik lisan maupun tertulis dalam skala Kinsey. Skala ini secara khusus merupakan metode evaluasi diri berdasarkan pengalaman individual, dan kemungkinan akan berubah setiap saat. Skala ini dimulai dari 0, bagi mereka yang mengidentifikasi-kan diri mereka secara eksklusif heteroseksual dengan tanpa hasrat untuk aktivitas seksual dengan sesama jenis. Untuk skala 6, bagi mereka yang mengidentifikasi-kan dirinya secara eksklusif homoseksual tanpa pengalaman dan ketertarikan pada lawan jenis. Selain itu 1-5 bagi mereka yang mengidentifikasi-kan dirinya dengan macam - macam level dari hasrat / aktivitas seksual dengan salah satu jenis kelamin.

Banyak lagi turunan dari Skala Kinsey, seperti The Klein Sexual Orientation Grid ( oleh Fritz Klein) dan Storm Scale (dikembangkan oleh Michael D. Storms, pada 1980).  Dalam The Klein Sexual Orientation Grid , mencakup banyak faktor orientasi seksual yang mempengaruhi kehidupan seseorang, seperti orientasi emosi dan sosial. Selain itu, di dalam Storm scale menentukan 2 grafik X dan Y axis, dimana secara ekspilisit terdapat kasus aseksualitas, pengungkapan simultan erotisme heteroseksual, dan erotisme homoseksual.   .
gambar dari Kinsey Institute
RatingDeskripsi
0Heteroseksual secara eksklusif 
1Heteroseksual secara Pra-dominan, hanya homoseksual secara selentingan 
2Heteroseksual secara pra-dominan, tapi lebih dari homoseksual secara selentingan
3Heteroseksual dan homoseksual secara sama  
4Homoseksual secara Pra-dominan, tapi lebih dari heteroseksual secara selentingan 
5Homoseksual Pra-dominan, hanya heteroseksual secara selentingan 
6Homoseksual secara eksklusif
XTanpa reaksi atau kontak socio-seksual 

Skala 0 & 6 merupakan prilaku eksklusif heteroseksual / homoseksual. Sedangkan 1 sampai 5 merupakan kategori biseksual dan X adalah orang yang secara psikologi menderita frigiditas (Frigid).

Rujukan: wikipedia & Kinsey Institute

Video Courtesy Youtube, Paul Gebhard pada "skala Kinsey dan Riset Seks Lainnya": 


No comments:

Post a Comment

The Stroop Test